Hiking Gunung Semeru: Dari Kebugaran Fisik hingga Menikmati Alam

10/22/2020

Mendaki gunung selalu menjadi cara terbaik untuk menghabiskan waktu dengan alam dan melatih kebugaran fisik Anda pada saat yang bersamaan.

Ini memberi Anda pemandangan puncak, garis pohon, dan danau luar biasa yang tidak akan pernah Anda temukan di kota. Di akhir Juli, saya memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Jawa Timur menjelajahi pusat kota Malang dan mendaki hingga ke puncak pulau Jawa; Gunung Semeru.

Berada di ketinggian 3676 mdpl, Gunung Semeru adalah puncak tertinggi di pulau Jawa dan juga dikenal sebagai Mahameru, yang berarti "Gunung Agung". Mendaki Gunung Semeru akan menjadi bagian dari rutinitas saya untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan juga menyegarkan pikiran karena alam menawarkan lingkungan yang begitu damai.

Burung-burung yang berkicau menemani perjalanan saya, bersama dengan pendaki lainnya. Semeru rutin didaki oleh wisatawan, biasanya dimulai dari desa Ranu Pane ke utara menuju ke danau terkenal Ranu Kumbolo. Lama berjalan kaki biasanya sekitar lima hingga enam jam.

Selama mendaki, saya mencoba mengambil langkah-langkah kecil. Saya menghindari mengambil langkah melompat-lompat karena dengan cepat membuat saya lelah; kami mengaktifkan kelompok otot yang lebih besar seperti hamstring. Prinsip terbaik saat mendaki gunung adalah menikmati setiap langkah yang kita ambil dan mengontrol kecepatan. Saya tidak pernah ingin memasuki "zona merah" saya, di mana kaki saya terasa panas, karena menyerap banyak energi.

Berfokus pada langkah biasa yang pendek itu penting. Jika Anda menghadapi pendakian yang panjang yang mungkin membuat Anda lelah, Anda bisa berhenti dan beristirahat. Kita dapat memberikan pikiran dan detak jantung kita kesempatan untuk menenangkan diri sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Dari perspektif ini, mendaki gunung telah menantang saya untuk mengukur kemampuan saya berjalan jarak di atas jalan setapak yang tidak nyaman; ini semua tentang ketahanan.

Bagi saya, mencapai puncak adalah bagian terbaik dari mendaki gunung. Setelah berjalan berjam-jam, menjadi panas, dan mengatasi rasa lelah, pemandangan dari puncak bisa membayar semuanya. Saya selalu menghargai momen di puncak gunung; ambil beberapa foto dan istirahat, nikmati pemandangan sekitarnya. Melihat pemandangan terbuka dengan kanopi penuh adalah suguhan bagi mata. Itu selalu baik untuk dihargai dengan energi positif yang berasal dari hubungan dengan alam.

Situs Bandoeng.co.id merekomendasikan bahwa mendaki gunung juga berarti mengontrol kecepatan Anda. Setelah sampai di puncak, sekarang saatnya untuk turun kembali. Situasinya sangat berbeda. Saat ini, kami lelah dan situasinya memungkinkan kami untuk bergerak lebih cepat saat kami menuruni bukit. Salah satu risikonya adalah Anda bisa terpeleset, atau pergelangan kaki terguling.

Selama Anda bisa menyeimbangkan tubuh dan tetap fokus, menuruni bukit itu menyenangkan. Anda bisa berjalan lebih cepat dan menghabiskan lebih sedikit waktu. Saya selalu memberi tahu tim saya untuk makan di puncak sehingga kami dapat memiliki energi untuk fokus saat turun. Saya ingat, suatu kali saya menemukan bahwa jalan setapak tampak berbeda menuruni arah yang berlawanan. Saya perlu berhenti dan mengamati untuk memastikan saya berada di jalur yang benar, saya rasa lelah telah memengaruhi fokus saya.

Secara keseluruhan, sebagian besar jalur di Gunung Semeru sudah bagus. Saya bisa pergi dengan kecepatan normal saya, meskipun kadang-kadang saya turun sepelan saya naik. Bagian yang paling menantang dalam pendakian Gunung Semeru adalah menuju puncak karena jalurnya berpasir. Begitu saya melangkah ke atas, pasirnya memberi jalan sehingga kecepatan Anda akan berkurang dan itu sangat melelahkan. Dua anak tangga di jalur berpasir sama dengan satu langkah di jalur biasa. Namun, saya berterima kasih kepada tiang pendakian saya, itu sangat membantu dalam mendorong tubuh saya untuk melangkah.

Penting untuk dicatat bahwa mendaki gunung juga melatih kita untuk mengatur waktu kita, memperkirakan berapa lama kita akan menempuh perjalanan. Pastikan untuk tidak berjalan saat hari gelap atau jika ada kondisi cuaca buruk. Selain itu, saya selalu mengatur ekspektasi saya saat mendaki gunung. Secara mental menerima bahwa saya akan lelah, berkeringat, dan pada satu titik saya akan bertanya pada diri sendiri mengapa saya ingin melakukan ini, mengetahui bahwa itu tidak akan mudah.

Saya selalu percaya bahwa mendaki gunung dapat meningkatkan manfaat kesehatan yang kita dapat dari aktivitas fisik lainnya. Ini mendorong kita untuk terlibat dan memperkuat otot yang jarang kita gunakan karena kita mengontrol tubuh kita dan berjalan di banyak sudut. Selain itu, hal itu dapat membangun kekuatan di paha belakang dan otot di pinggul dan kaki bagian bawah.

Selain kebugaran fisik, mendaki gunung juga berdampak pada kesehatan mental kita. Anda akan menemukan bahwa hiking lebih dari sekedar olahraga. Melakukan aktivitas luar ruangan membawa kegembiraan dengan banyak pemandangan epik, udara pegunungan yang segar, suara dan bau alam ibu. Ini akan menenangkan pikiran Anda saat Anda bersenang-senang di jalan setapak yang ditawarkan alam. Ini juga membantu meningkatkan harga diri Anda. Mendaki gunung juga merupakan momen yang tepat untuk refleksi diri; alam adalah tempat di mana kita bisa melepaskan teknologi dan sepenuhnya berada di saat ini.

Create your website for free! This website was made with Webnode. Create your own for free today! Get started